Kita mungkin sudah tidak asing dengan istilah Standard
Operating Procedure (SOP). Bagi dunia kerja, Standard Operating Procedure (SOP)
adalah petunjuk bagi pegawai untuk melaksanakan pekerjaan sesuatu dengan
standar yang telah ditetapkan. Bagi akademik, Standard Operating Procedure
(SOP) adalah merupakan salah satu baru yang diberikan kepada mahasiswa untuk
dipelajari. Lalu timbul suatu pertanyaan.
Apa definisi Standard Operating Procedure (SOP) itu dan apa
fungsi Standard Operating Procedure (SOP) itu?
Berikut ini beberapa definisi tentang Standard Operating
Procedure , iaitu:
(1) SOP adalah serangkaian instruksi yang menggambarkan
pendokumentasian dari kegiatan yang dilakukan secara berulang pada sebuah
organisasi (EPA, 2001)
(2) SOP adalah suatu panduan yang menjelaskan secara
terperinci bagaimana suatu proses harus dilaksanakan (FEMA, 1999).
(3) SOP adalah serangkaian instruksi yang digunakan untuk
memecahkan suatu masalah (Lingappan, 2000).
(4) SOP adalah sebuah panduan yang dikemukakan secara jelas
tentang apa yang diharapkan dan disyaratkan dari semua majikan dalam
menjalankan kegiatan sehari-hari (“Developing standard operating procedures in
Wildland Fire Management”, 2003). Fungsi dari “standard operating procedure”
adalah untuk mendefinisikan semua konsep dan teknik yang penting serta
persyaratan yang dibutuhkan, yang ada dalam setiap kegiatan yang dituangkan ke
dalam suatu bentuk yang langsung dapat digunakan oleh majikan dalam pelaksanaan
kegiatan seharian berkerja.
Sedangkan tujuan dari standard operating procedure adalah:
(1). Agar mengetahui dengan jelas peranan dan fungsi
tiap-tiap posisi dalam organisasi.
(2) Agar petugas menjaga konsistensi dan tingkah laku
pekerja atau pengendali dalam organisasi atau unit.
(3) Melindungi organisasi dan pekerja dari malapetaka atau
kegagalan bagi .
(4) Untuk menghindari kegagalan/kesalahan, keraguan,
duplikasi dan inefisiensi.
(5) Memperjelaskan pembahagian tugas, dan tanggungjawab
melalui saluran yang betul.
Antara contoh formula untuk pengendalian SOP:
(1) SOP adalah serangkaian instruksi yang menggambarkan pendokumentasian dari kegiatan yang dilakukan secara berulang pada sebuah organisasi (EPA, 2001)
Sedangkan tujuan dari standard operating procedure adalah:
(1). Agar mengetahui dengan jelas peranan dan fungsi tiap-tiap posisi dalam organisasi.
Antara contoh formula untuk pengendalian SOP:
No comments:
Post a Comment